20 Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan Paling Efektif

Semakin anak dipaksa untuk menghabiskan makanannya, semakin susah anak untuk makan. Memaksa tidak pernah menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada anak. Ajak anak untuk membantu Anda belanja dan biarkan ia memilih makanan yang ia inginkan. Berkreasilah dengan cara Anda sendiri untuk menemukan variasi tampilan yang menarik di piring makan anak. Jika selama ini Anda terbiasa dengan memberikan anak makan dengan tampilan biasa, kini coba cara lain untuk menyajikan makanan.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Seringkali orangtua atau guru memberikan nasihat untuk anak dengan harapan perilaku mereka bisa berubah menjadi baik. Anda hanya perlu terus mendorong agar mereka mau makan, tapi jangan dipaksa ya. Sesekali Anda juga perlu mengajak teman dari anak Anda untuk bergabung makan bersama. Hal ini akan membuat anak antusias dengan makanan yang akan diracik. Durasi Waktu MakanJika dalam waktu 30 menit masih 2 suap yang masuk, maka masih Saya lanjutkan. Maka dari itu penting untuk mengatur jadwal waktu makan karena bisa bentrok dengan durasi waktu makan.

Bagi ibu yang memiliki anak balita sekali-kali ibu bisa membiarkan anaknya menjadi mandiri. Misalnya saja biarkan anak untuk memasukkan sendok berisi makanan ke dalam mulutnya menggunakan tangannya sendiri. Jangan takut dengan lantai kotor dan meja makan yang berantakan. Hal tersebut justru membuat mood anak menjadi baik dan suasana menjadi nyaman.

Mungkin masalahnya bukan karena anak susah makan, tetapi mereka menolak untuk makan semua makanan yang ada di piringnya. Ingat, anak-anak tidak membutuhkan makanan sebanyak orang dewasa. Jadi, jika kita menaruh terlalu banyak di piring mereka, mereka mungkin tidak akan menyelesaikannya. Menurut studi yang dilakukan Dr. Bernard-Bonnin di Kanada, sekitar 25-4-% anak-anak yang mengalami masalah kesulitan makan hanya berlangsung sementara. berikut tipsnya seperti yang Fimela rangkum dari berbagai sumber.

Mencampurkan nasi dengan lauk memang akan terlihat berantakan di meja makan sehingga nafsu makan anak pun bisa menghilang. Kamu bisa mencontoh beberapa tips dari Laura Basuki agar anak selalu memiliki nafsu makan baik. Meningkatkan nafsu makan anak nyatanya tak hanya melalui hidangan yang disajikan saja lho.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi tentunya merupakan salah satu kunci penting agar si anak dapat tumbuh sehat dan kuat. Karena itu, Salah satu hal penting yang harus para orang tua perhatikan adalah urusan makanan. Biasanya, tidak semua anak yang suka menyantap makanan sehat, bahkan mereka lebih cenderung suka memilih – milih makanan. Bisa dikatakan ini adalah poin terakhir yang bisa ditempuh untuk bisa mengembalikan nafsu makan anak.

Selain rasa yang harus enak, penampilan makanan juga tentunya harus terlihat menarik bagi si anak. Buatlah anak mandiri dalam menyantap makanan nya sendiri, tanpa perlu lagi disuapi dan ditunggui. Namun, kadang kadang jika sang anak dalam temper yang tidak baik, sesekali temani makan dan suapi. Melatih kemandirian saat makan harus disesuaikan dengan temper sang anak. Jangan dipaksa jika memang sanga anak sedang tidak temper, dari pada nantinya si anak malah enggan menyantap makanannya.

Tenangkan pikiran Anda, dan simak trik dan ideas di bawah ini. Anak akan langsung bete jika melihat nasi yang sudah dicampurkan dengan lauk dalam satu piring. Sebaiknya ibu memisahkan antara nasi dan juga lauk agar anak lebih berselera makan.