5 Ideas Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Anak bisa kecanduan gadget jika pemberiannya tidak dibatasi dengan baik. Fitur parental management mungkin belum banyak digunakan untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak. Fungsinya adalah untuk membatasi waktu penggunaan gadget serta akses ke aplikasi dan situs tertentu. Atau, Bunda juga bisa mengunduh aplikasi khusus untuk penggunaan gadget yang lebih terkontrol pada Si Buah Hati. Kali ini, Solopos.com akan mengulas beberapa hal yang harus dilakukan orang tua ketika mengetahui sang anak kecanduan gadget. Salah satu hal yang membuat anak menarik diri dari lingkungan sosial atau keluarganya dan lebih memilih gadget ialah kurangnya perhatian dari orangtua.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Kedua hal ini akan membuat anak lebih memahami arti dari kepercayaan orang tua serta bertanggung jawab atas apa yang ia pegang sekarang. Jika mengaitkan gadget atau gawai dengan anak, kita akan lebih cenderung membicarakan soal anak kecanduan gadget. Padahal bila orangtua memiliki strategi untuk memaksimalkan penggunaannya, gadget bisa menjadi alat yang berguna untuk meningkatkan potensi yang dimiliki anak.

Saat menghabiskan waktu bersama anak, usahakan Smart Parents tidak sibuk bermain gadget dan fokus beraktivitas bersama mereka. Anda juga bisa lho membuat peraturan untuk tidak menggunakan alat elektronik apapun selama makan malam atau waktu lainnya. Banyak akibat negatif yang dapat timbul akibat kecanduan gadget, terutama pada kesehatannya.

Misalnya, berfoto di depan sekolah anak sambil memberi alamat lengkap , untuk mencegah kejahatan pada anak. Terlebih jika dia sudah kecanduan, maka akan semakin sulit untuk diatasi karena gadget sudah merupakan teman baginya. Hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya, karena jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas. KOMPAS.com – Salah satu perangkat elektronik yang serba bisa dan sudah acquainted di masyarakat ialah gadget atau ponsel pintar. Misal saat bekerja, tunjukkan pada anak bahwa orangtua tidak menghabiskan waktu berjam-jam hanya duduk di depan gadget.

Tidak hanya itu, anak-anaknya juga dilibatkan dalam pekerjaan rumah. Seperti kegiatan memasak, membersihkan rumah hingga mencuci piring. Zakiyah juga melibatkan anak-anaknya untuk berkegiatan di luar rumah.

Alasan lain mengapa anak menjadi kecanduan gadget biasanya karena kurangnya komunikasi antara anak dan orangtua. Untuk itu, sebagai orangtua generasi milenial, Mama dan Papa bisa meluangkan waktu untuk berbincang dengan anak. Hidup di zaman teknologi yang semakin canggih tentu membuat banyak orangtua mengeluh anaknya menjadi kecanduan dengan gadget. Tujuan pembatasan ini agar anak tidak semakin larut dalam aktivitas dunia mayanya.