7 Penyebab Bayi Tidak Nafsu Makan

Misalnya nasi dengan sayur bayam, ditambah lauk ikan goreng, anak akan lebih mudah mengenali rasa masing-masing menu, karena mewakili tiap jenisnya. Selain dapat mencari cara agar sang buah hati kembali mau mengonsumsi nasi, cara ini juga bisa meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak. Jika anak menolak makan nasi, maka alternatif karbohidrat yang bisa dipilih seperti jagung, roti, sereal, ubi jalar, labu, wortel, dan kacang-kacangan. Namun, untuk bayi dapat diperkenalkan dengan biji-bijian seperti quinoa, dan oat dimasak bertekstur lembut.

Selain membatasi jumlahnya, Bunda juga bisa mengatur waktu pemberian jajan tersebut. Hindari memberikan makanan ringan mendekati jam-jam bersantap. Kami hadir menjadi solusi untuk menyediakan kebutuhan perlengkapan ibu dan anak yang bersih dan higienis, dengan pelayanan profesional dan kemudahan transaksi. Jika memang harus diberikan, ada baiknya Mama berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan Mama. Konsultasi perlu dilakukan untuk mengetahui suplemen apa yang dibutuhkan, atau alternatif apa yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikan juga makanan-makanan yang sifatnya tidak terlalu asam.

Namun, sering kali orang tua harus menghadapi situasi ketika anak sulit untuk makan karena cenderung memilih makanan yang disukai. Sering kali bunda bingung dan sedikit kesal jika anak susah makan padahal sudah dibuatkan makanan yang enak. Dalam masa pertumbuhan, anak akan cepat bosan terhadap makanan dan cenderung pemilih sehingga sulit untuk makan. Tidak adanya ‘teman’ makan juga memengaruhi temper anak untuk makan. Oleh sebab itu, pastikan jika Anda dan si kecil memiliki jadwal makan yang sama. Selain sebagai solusi anak susah makan, cara ini juga efektif untuk mempererat relasi antara anak dengan orang tua.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Makanan siap saji umumnya banyak mengandung garam, gula, dan lemak atau kolesterol dan rendah akan nutrisi penting, seperti protein, vitamin, dan mineral. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan tidak sehat ini bisa membuat anak lebih berisiko mengalami diabetes, kegemukan atau obesitas, dan tekanan darah tinggi. Namun, jangan anggap remeh ketika anak susah makan dalam kurun waktu yang lama.

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi anak susah makan, mungkin setiap orang tua juga perlu mengetahui tentang penyebab dari anak susah makan itu. Cara mengatasi anak susah makan dengan memaksa mungkin banyak dicoba orang tua. Namun, pada kenyataannya upaya tersebut terbukti tidak efektif. Saat Si Kecil menjadi susah makan, Bunda mungkin akan merasa khawatir.

Lebih baik lagi, kalau Anda bersama pasangan membiasakan makan bersama di meja makan. Dengan begitu, anak diharapkan bisa mengetahui cara makan hingga tertarik untuk ikut melahap makanan. Anda pun jadi bisa mengatur kapan tepatnya memberikan camilan padanya. Jadi, camilan tersebut takkan membuat anak Anda kenyang sehingga ia menolak santapan yang diberikan padanya. Hal ini juga terjadi pada ibu-ibu yang dilanda kerepotan luar biasa dalam mengurus rumah tangga.