Menarik Dicoba! Hanya Dari Budidaya Lele Bioflok Tingkatkan Omzet Berlipat

Warna air juga dipengaruhi oleh ada tidaknya naungan di atas kolam. Untuk ukuran kolam bisa dibuat 2×4 meter, 3×4 meter, atau 3×5 meter tergantung ketersediaan lahan dengan mempertimbangkan jumlah bibitan lele yang akan ditebar. Kolam dianjurkan memiliki kedalaman sekitar 1-1.5 meter agar cahaya matahari dapat menembus sampai ke dasar kolam untuk perkembangan bakteri di dasar kolam. Panen ikan lele dapat dilakukan dalam 2 bulan, jika benih bagus dan pakan baik. Kemudian mengaplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan setiap setelah mengganti air kolam. Diamkan selama sekitar 30 menit-1 jam, agar benih ikan terbebas dari benih hama penyakit.

Bagaimana cara berternak lele

Apalagi ada banyak variasi menu dari olahan ikan lele untuk dinikmati. Sebagai pelaku budidaya ikan lele, tentu dulur sangat familiar dengan panduan budidaya ikan lele secara konvensional, baik menggunakan kolam tanah maupun kolam terpal. Untuk merintis ternak benih ikan lele ini dia hanya membutuhkan kolam berukuran 1,5 x 2 meter persegi yang dibungkus dengan plastik di belakang rumahnya.

Dari penjabaran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peluang-peluang usaha ternak lele dengan #kolam terpal memiliki banyak keuntungan dan peluang yang menjanjikan. Apabila dijalani dengan baik dan mengikuti pemahaman budidaya yang terstruktur, tentu saja peternak dapat mendulang pundi-pundi rupiah dengan hasil yang memuaskan. Tipe budidaya ikan lele sendiri bisa di kategorikan menjadi 2 tipe, yaitu budidaya untuk lele anakan dan budidaya untuk ikan lele panen. Untuk budidaya ikan lele anakan, peternak bisa memanennya di usia 1 hingga 2 bulan. Ikan lele anakan ini tentu saja ditujukan sebagai bibit budidaya ikan lele itu sendiri. Sedangkan untuk ikan lele konsumsi, umumnya dipanen setelah usia lele mencapai 4 Kong Slot bulan lebih.

Dosis selengkapnya ialah 1000 liter air [1 meter x 1 meter x 1 meter mesti dipenuhi dengan 50 cm dan pupuk kandang tidak lebih dari half of kilogram. Langkah selanjutnya dalam budidaya ikan lele adalah menebar benih. Sebelum kamu melakukan penebaran benih ikan lele, letakkan terlebih dahulu benih ikan lele tersebut di dalam wadah dari bahan plastik. Cara penebarannya harus dilakukan dengan cara memiringkan wadahnya dan mengeluarkan sedikit demi sedikit benih ikan lele.

Dengan meningkatnya peternak ikan lele di Indonesia, maka penting untuk menjaga kualitas lele yang diternak. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas lele ketika panen adalah memperhatikan benih yang sehat. Selain menggunakan drum plastik, bubidaya lele juga dapat dilakukan menggunakan drum besi.