Menjadikan Para Siswa Aktif Bertanya Dalam Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013

Kemajuan Eropa ini tidak dapat dipisahkan dari pemerintahan Islam di Spanyol. Pendidikan Islam Zaman Kemunduran Islam mengalami statganitas dan menurun secara drastis, karena perhatian penguasa tidak banyak dicurahkan untuk pengembangan bidang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Perhatian penguasa banyak terfokus keranah politik, bagaimana mempertahankan kekuasaan.

Ada juga madrasah yang mengkhususkan diri mempelajari satu disiplin ilmu tertentu, misalnya madrasah nahwu, madrasah tafsir atau madrasah hadits yang pada gilirannya membawa perkembangan pada ilmu-ilmu tersebut. Dengan demikian madrasah merupakan media atau wadah pengembangan ilmu pengetahuan Islam. Para alumnus yang dihasilkan madrasah turut pula menjadikan ilmu pengetahuan Islam berkembang. Mereka mengembangkan ilmu-ilmu tersebut dalam karirnya di berbagailembaga maupun kehidupan bermasyarakat. Pada sisi lain, beberapa sarjana Muslim lainya telah berusaha mengkritisi ilmu pengetahuan Yunani berdasarkan nilai-nilai Islam.

Pengertian tradisi ini selanjutnya dekat dengan pengertian tradition, yakni kesopan dan kebudayaan. dan kebudayaan itu sendiri berarti nilai yang diseleksi dan ditetapkan sebagai unggul dan baik, yang selanjutnya dipahami, dihayati, dan diamalkan, serta digunakan sebagai framework atau alat dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai tersebut seperti kejujuran, kedisipilinan, kemandirian, kerja keras, gotong royong, kekeluargaan, saling menghormati, menghargai perbedaan pendapat, dan menepati janji.

Cara untuk menanggapi pertanyaan kritis dari anak

Pada masa Harun ar-Rasyid, mazhab imam Hanifah menjadi dasar hukum karena pendapat-pendapat hukumnya merupakan sebuah reformasi yang dipengaruhi oleh perkembangan yang terjadi di kota Kufah, kota yang maju pada zamannya. Salah satu muridnya adalah Abu Yusuf yang menjadiQadhi al-Qudhat,yang hidup pada zaman Harun ar-Rasyid. Kondisi ini jelas menambah beban tugas yang harus diemban para guru yang berhadapan langsung dengan persoalan teknis di lapangan. Di satu sisi para guru harus berjuang keras memenuhi tuntutan hati nuraninya untuk mencerdaskan seluruh siswanya, sementara di sisi lain para guru tidak memiliki ketrampilan yang cukup untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa yang difabel. Alih – alih situasi kelas yang seperti ini bukannya menciptakan sistem belajar yang inklusi, justru menciptakan kondisi eksklusifisme bagi siswa difabel dalam lingkungan kelas reguler.

Kepentingan sekolah swasta keagamaan adalah guru agama tersebut berwawasan inklusif, humanis, memenuhi kecerdasan yang memadai dan membantu proses pembentukan sikap dan perilaku hidup keagamaan dan kemanusiaan para siswa. Sekolah memastikan terjaminnya isi ajaran dan proses pembelajaran agama mendorong pembentukan sikap dan perilaku nilai-nilai kemanusiaan yang luhur, yang dibutuhkan untuk kesejahteraan dan ketenteraman hidup bersama. Jadi, kalau dilihat fasilitas yang dimiliki Madrasah tentu tidak jauh beda dengan sekolah Belanda, atau mungkin jauh kalah gagah bangunannya dari sekolah Belanda. Kemudian para tenaga pendidik tidak mempunyai tempat penginapan di madrasah itu, tetapi mereka pulang ke rumah masing-masing, sebagaimana juga halnya para peserta didiknya. Untuk menambah pelajaran agama lanjutan biasa dilaksanakan pada pengajian-pengajian di langgar, masjid, surau dan muenasahdi dekat tempat tinggal peserta didik berada. Atau sekaligus para guru Madrasah menyediakan waktu di sore hingga malam memberikan tambahan pelajaran agama di rumahnya atau di tempat-tempat yang biasa dilaksanakan pengajian seperti mushalla, masjid, langgar, surau atau sebagainya.

Namun, di sisi lain, anak indigo juga mempunyai empati yang tinggi sehingga sulit untuk membenci orang lain. Hal inilah yang membuat ia menjadi pemberontak dalam dirinya sendiri. Kesulitannya akan terjadi ketika ia berteman dengan anak yang bukan indigo. Akan sering terjadi banyak perdebatan untuk membuktikan dirinya benar dan orang lain salah. Tidak jarang, ia mudah tersinggung apabila orang lain tidak sesuai dengan pemikirannya. Anak indigo memiliki dorongan yang kuat untuk menemukan tujuan dalam hidup.

Kesabaran biasanya diuji ketika anak sudah mulai tumbuh dari bayi menuju balita. Usia tersebut merupakan fase anak begitu kritis untuk bertanya banyak hal. Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara berpikir anak-anak berbeda dengan cara berpikir orang tua. Bagi anak, meja bukan hanya tempat untuk makan atau menyimpan barang. Maka, jika anak sudah memberikan pertanyaan yang sulit, mereka akan punya cara tersendiri untuk menjawab pertanyaan mereka. • Bila sudah didapat hasil tes dari psikolog dan juga mendapatkan rekomendasi untuk treatmennya, segeralah membuat program bagi ABK dan juga seluruh kelas.