Keluhan Pelanggan Dan Teknik Menanganinya

Jika ada satu komplain yang terus menerus disampaikan pelanggan, jadikan hal tersebut sebagai peringatan keras bahwa kamu harus mengambil tindakan serius. Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana menangani pelanggan atau customer yang komplain. Sebaik – baiknya produk yang kita berikan tidak menutup kemungkinan adanya konsumen yang komplain, entah itu komplain mengenai produk kita ataupun pelayanan kita sebagai penjual. Berbisnis yang baik offline maupun online harus memiliki customer service yang baik, yang siap melayani komplainan konsumen kapanpun dan apapun yang dikeluhkan. Walapun produk yang Anda jual baik, tapi jika pelayanan pelanggannya tidak memuaskan pasti akan sangat mengecewakan konsumen bahkan kapok untuk membeli produk di Toko Anda lagi. Dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara menangani keluhan pelanggan yang emosi.

Carilah win win solution sebelum memutuskan untuk menurunkan harga. Pelayanan yang baik menunjukkan kualitas toko anda dan begitupun sebaliknya. Inilah cara menangani complain pelanggan agar dia tetap tenang dan tidak kecewa.

Atau jika karena pelayanan yang kurang baik, maka akuilah kesalahan itu dan cobalah untuk menjelaskan apa yang bisa Anda lakukan. Tugas kamu dalam situasi seperti ini adalah tetap tenang dan kuasai diri dengan baik, menghadapi konsumen yang emosi dan berteriak di depan umum seperti itu memanglah tidak enak. Tapi bukan berarti kamu malah terpancing berteriak balik karena hal itu bisa memancing pertengkaran dan itu merugikan untuk kamu. Setelah menyelesaikan masalah, Sedulur tidak bisa berhenti begitu saja. Sedulur juga perlu mengevaluasi berbagai keluhan dari pelanggan.

Ini penting sekali agar pelanggan tidak merasakan ketidakpastian dan memberikan kamu kesempatan untuk memberikan solusi yang terbaik. Ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk memelihara hubungan pelanggan lain yang lebih produktif. Ingatlah bahwa interaksi ini tidak lazim bagi pelanggan dan Anda sedang berhadapan dengan kasus pengeluhan layanan pengecualian dari kasus lain.

Bagaimana cara menangani pelanggan dengan tenang

Apa kamu memiliki pertanyaan dan masukan terkait pekerjaan buyer service? Tulis pertanyaanmu di kolom komentar dan jangan lupa untuk bagikan tulisan ini ke teman-temanmu, ya. Dengan berlangganan artikel kami, anda akan menerima berbagai konten terbaru yang kami terbitkan langsung melalui akun e mail anda. Berikan perhatian sepenuhnya dan tunjukkan bahwa Anda siap untuk membantu pelanggan, karena prinsip dari pelanggan banyak yang ingin dibantu. Dengan begitu, Anda bisa mengendalikan emosi sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pada saat orang memberikan kritik kepada Anda, bahkan yang tajam dan pedas sekalipun, usahakan untuk tetap tenang.

Satu pelanggan yang terpuaskan adalah aset promosi berharga karena akan bercerita kepada puluhan orang lainnya tentang bisnis Anda. Agen contact center merupakan wajah suatu perusahaan sehingga sikap utama yang harus dimiliki ketika berhadapan dengan pelanggan adalah harus bersikap ramah dan hangat. Pastikan bahwa pelanggan memiliki citra terhadap perusahaan yang hangat dan ramah sehingga akan memuji pelayanan perusahaan. Agen contact heart Kong4D harus mempertahankan sikap positif dan terus tersenyum. Agen contact heart dalam satu hari dapat menerima hingga 50 lebih panggilan sehari tergantung quantity layanan pelanggan tersebut. Semenyebalkan apapun sikap pelanggan, berikanlah ia sebuah layanan penuh yang memuaskan.

Menghormati pelanggan atau konsumen yang seperti ini layaknya seorang Raja yang harus selalu bisa dilayani. Setelah kamu berhasil menyelesaikan masalah tersebut, kamu dapat mengambil sedikit waktu untuk beristirahat. Berhadapan dengan klien yang emosi tentu saja menimbulkan stres tersendiri. Kamu dapat menarik napas panjang, atau berjalan sebentar keluar dari meja kerjamu untuk melepas stres.

Bersikap tenang akan membuat pemikiran menjadi lebih jernih untuk berpikir sehingga keluhan pelanggan pun bisa terselesaikan dengan solusi yang terbaik. Berikutnya, cara menangani komplain pelanggan dalam bisnis online adalah dengan bersikap ramah melalui chat. Sikap ramah sangat membantu Anda dalam menghadapi komplain pelanggan bisnis online Anda. Terkadang, pelaku bisnis online sangat monoton dan kaku dalam menghadapi konsumen, sehingga hal ini membuat konsumen merasa tidak dihargai. Baik itu dalam bisnis online maupun offline, komplain pelanggan merupakan salah satu hal yang wajar terjadi. Jangankan Anda yang baru memulai bisnis kecil dan masih berumur muda, perusahaan yang sudah besar dan tua pun kerap menerima komplain atau keluhan dari pelanggan.

Katakanlah pula bahwa Anda bakal mengatasi kekeliruan tersebut pada masa-masa yang ditentukan. Anda tidak setuju begitu saja terhadap apa yang disebutkan pelanggan, namun tetap dapat menghargai perasaan mereka. Munculnya ‘pelanggan yang berhak’ berarti bahwa konsumen mengharapkan pengalaman yang unggul dan ini termasuk mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan mereka. Pelanggan mengharapkan lebih banyak dari bisnis yang mereka pilih untuk membelanjakan uang mereka. Jika pelanggan merasa seperti mereka tidak didengar, mereka cenderung membuat perasaan mereka diketahui, baik secara langsung maupun on-line. Tak menutup kemungkinan jika solusi yang kamu tawarkan tidak memecahkan permasalahan klien tersebut dan tidak sesuai dengan produk atau jasa yang dimiliki klien sebelumnya.